Featured post

Cara Instalasi Software Pemetaan ArcGIS 9.X

Bagi orang yang menggeluti dunia survey dan pemetaan, salah satu tools atau alat yang wajib dimiliki dan dikuasi adalah software ArcGIS...

Pemanfaatan Sumber Daya Alam Yang Baik dan Berkelanjutan


Pemanfaatan sumberdaya alam yang baik tentunya tidak terlepas dari cara kita memanfaatkan suberdaya tersebut, kalau cara yang dilakukan baik? tentunya akan memberikan impact yang baik pula bagi alam. Isu-isu tentang pemanfaatan sumberdaya alam yang baik dan berkelanjutan tentunya sudah lama didengungkan bahkan sudah ada peraturan maupun perundang-undangan yang mengatur dalam upaya melindungi sumberdaya alam.
Pemanfaatan sumber daya alam pada dasarnya adalah menggunakan atau mengambil manfaat dari sumber daya alam yang ada untuk kepentingan manusia. Pemanfaatan terhadap sumber daya alam tidak boleh merusak ekosistem secara efisien dan memikirkan kelanjutan sumber daya alam itu (Wardiyatmoko, 2004: 121). oleh karenanya diperlukan upaya tata kelola yang baik, sehingga generasi selanjutnya tidak menjadi korban sebagai akibat dari eksploitasi sumberdaya yang tidak terkendali. 
Sumber daya alam dapat dibagi menjadi tiga jenis golongan yaitu, sumber daya alam yang dapat diperbaharui, sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, dan sumber daya alam yang mempunyai sifat gabungan. Ciri dari masing - masing golongan tersebut akan diuraikan sebagai berikut :

Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui
Sumberdaya alam yang dapat diperbaharui meliputi sungai, waduk atau danau, laut, sinar matahari, suhu, dan angin. uraian dari masing-masing bagian dari sumberdaya alam yang dapat diperbaharui adalah sebagai berikut :
1. Sungai
Pemanfaatan sumberdaya alam untuk sungai yang telah berlangsung selama ini umumnya masih belum memperhatikan kaidah-kaidah pelestarian sumberdaya, hal ini dapat dilihat dari kondisi-kondisi yang ada di sepanjang sempadan sungai, dimana telah banyak dimanfaatkan untuk peruntukan lainnya, disamping itu juga telah hilangnya sebagian besar tumbuhan penutup di daerah aliran sungai bagian hulu, sehingga mempengaruhi terhadap daya resap lahan dan meningkatkan erosi (Puslit Sumber daya Air, 2002: 3). 
Sungai sebagai sumber air yang mempunyai sejumlah potensi yang dapat dimanfaatkan bagi kesejahteraan manusia (2002: 3), sehingga diperlukan untuk selalu menjaga kelestariannya. adapun manfaat sungai sebagai sumber air di antaranya adalah :
  • Sungai sebagai sumber penghidupan dan kehidupan, hal ini karenakan air dibutuhkan untuk kehidupan manusia
  • Sungai juga dapat dijadikan sarana transportasi untuk mendukung mobilitas manusia
  • Sungai berfungsi sebagai sumber protein hewani yang hidup di dalamnya.
  • Sungai sangat bermanfaat dalam aktivitas pertanian.

2. Waduk atau Danau
Sumberdaya lainnya selain sungai yang juga memberikan manfaat untuk kelangsungan kehidupan manusia adalah keberadaan waduk dan danau. Danau terbentuk secara alamiah yang dipengaruhi oleh oleh proses geologi, baik tektonisme maupun vulkanisme, sedangkan waduk merupakan sumberdaya buatan manusia yang dibuat dengan membuat tanggul atau bendungan sehingga air sungai naik dan menggenangi daerah sekitar yang memiliki ketinggian yang sama (Darsiharjo, 2005:109).
Manfaat dari keberadaan danau atau waduk bagi kepentingan manusia adalah sebagai berikut :
  • Danau/ waduk dapat difungsikan sebagai sumberdaya penyedia air minum 
  • Danau/ waduk berfungsi untuk mengairi aktivitas pertanian, melalui saluran - saluran irigasi yang menuju areal persawahan 
  • Danau/ waduk dapat difungsikan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)
  • Sungai berfungsi sebagai sumber protein hewani yang hidup di dalamnya
  • Danau/ waduk dapat difungsikan sebagai tempat wisata tentang alam
3. Laut
Laut merupakan sumberdaya air yang memiliki potensi yang besar, sehingga apabila laut dimanfaatkan dan dikelola secara maksimal akan memberikan manfaat dalam jumlah yang sangat besar. Adapun manfaat laut bagi kepentingan manusia adalah sebagai berikut :

  • Sebagai media tumbuh rumput laut, yang nantinya dapat dijadikan untuk bahan makanan, obat-obatan, serta bahan kosmetik
  • Sumber protein hewani, seperti ikan laut, kerang, dll
  • Dapat dijadikan objek wisata bahari
  • Sebagai transportasi antarpulau.
  • Gelombang dan arus laut memiliki potensi untuk dapat didayagunakan untuk menjadi sumber tenaga listrik
4. Sinar Matahari, Suhu dan Angin
kenapa sinar matahari, angin, dan suhu termasuk dalam kelompok sumberdaya yang dapat diperbaharui, mungkin banyak kalangan akan bertanya bagaiman memperbarui matahari? dan mungkin akan muncul pertanyaan berat lainnya. Namun, sebenarnya jawabannya cukup mudah, dimana sinar matahari, angin, dan suhu termasuk dalam sekelompok sumber daya alam yang dapat diperbaharui karena dapat dimanfaatkan dan menghasilkan secara terus-menerus. Manfaat apa saja yang dihasilkan dari sinar matahari antara lain :

  • Membantu proses fotosintesis bagi tumbuhan
  • Memberikan vitamin E bagi tubuh
  • Sinar matahari dapat dijadikan sebagai bahan energi pembangkit tenaga surya
Terjadinya perbedaan suhu dan pergerakan angin dipermukaan bumi sebenarnya tidak terlepas dari peranan sinar matahari, dimana perbedaan intensitas cahaya matahari di suatu wilayah akan mengakibatkan perbedaan suhu antara wilayah satu dengan yang lainnya. Adanya perbedaan suhu, akan mengakibatkan pergerakan angin yang bergerak dari tekanan yang tinggi (suhu rendah) ke tekanan yang rendah (suhu tinggi). Manfaat suhu dan angin adalah perbedaan suhu antar suatu wilayah akan menghasilkan produk tanaman yang semakin beragam, hal ini dikarenakan perbedaan suhu akan menentukan jenis tanaman yang cocok untuk ditanam. Sedangkan manfaat dari angin dalam kehidupan manusia adalah sebagai pembawa uap air, sehingga dapat mendistribusikan hujan ke berbagai wilayah, serta sebagai media pengering dan membantu dalam proses penyerbukan tanaman

Pemanfaatan Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui
1. Sumber Daya Energi
Sumber daya energi merupakan sumberdaya alam yang termasuk dalam kategori sumberdaya yang tidak dapat diperbaharui. Hal ini dikarenakan sumberdaya energi terbentuk melalui proses yang tidak singkat, namun memerlukan waktu jutaan tahun. Sumberdaya yang termasuk dalam kategori ini apabila dilakukan proses lanjut/ diolah akan menghasilkan energi panas yang sangat dibutuhkan dan sangat bermanfaat bagi umat manusia dalam kehidupannya.
a. Minyak Bumi
Minyak bumi sebagai sumberdaya alam yang tidak dapat diperbaharui memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia, hal ini dikarenakan minyak bumi banyak dimanfaatkan sebagai bahan bakar atau sumber energi. Minyak bumi telah ada sejak zaman primer, sekunder, dan tersier. Minyak bumi terbentuk dari fosil-fosil atau mikroplankton yang tertimbun dan mengendap jutaan tahun lamanya. Sedangkan untuk manfaatnya adalah minyak bumi dapat diolah kembali dan menghasilkan bahan bakar yang telah banyak kita kenal selama ini seperti; minyak tanah, solar, premium, pertamax, dan banyak jenis lainnya.

b. Batu Bara
Selain minyak bumi, batu bara mempunyai peranan yang sangat penting bagi kehidupan manusia.Batu bara terbentuk dikarenakan terendapnya tumbuh-tumbuhan tropis pada masa prasejarah yang berada dalam lapisan batuan sedimen. Sampai saat ini batubara banyak dimanfaatkan untuk kegiatan industri yang difungsikan sebagai bahan bakar. Manfaat dari batu adalah untuk memenuhi kebutuhan industri dan pembangkit listrik tenaga uap. 

b. Gas Alam
Gas alam biasanya ditemukan pada saat eksplorasi dan eksploitasi minyak bumi. Gas alam yang dijual belikan terdapat 2 jenis yaitu LPG dan LNG. LPG merupakan singkatan dari Liquefied Petroleum Gas dan Liquefied Natural Gas. 

2. Sumber Daya Mineral
Sumberdaya alam kedua yang tidak dapat diperbaharui adalah sumberdaya mineral, dimana sumberdaya ini memiliki peranan penting dalam menghasilkan produk yang banyak digunakan untuk berbagai aktivitas industri untuk menunjang kehidupan manusia.
a. Emas
Bijih emas banyak ditemukan didalam cebakan, sedimen, dan metamorfik pada seluruh formasi geologi. Emas yang terbentuk dari larutan hydrothermal yang umumnya umurnya relatif muda, dimana proses pelapukan yang terjadi membentuk bijih placer. sebaran dari wilayah yang mempunyai potensi emas adalah Aceh, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan. Manfaat dari sumberdaya berupa emas berupa perhiasan, bahan penyepuh, fotografi, menambal atau melapisi gigi yang rusak, perkakas laboratorium ilmiah, synthetic fiber, dan thermocouples. 

b. Perak
Perak merupakan salah satu barang tambang yang termasuk dalam kategori tambang logam mulia. Mineral-mineral perak yangdianggap penting antara lain perak alam (Ag), argentite (Ag2S), cerargyrite (AgCl), polybasite, proustite, dan pyrargyrite. Perak berasal dari cebakan hydrotermal typefissure filling. Agar menjadi sebuah produk, perak harus diolah terlebih dahulu agar memiliki nilai jual tinggi. Manfaat perak adalah banyak digunakan untuk membuat campuran-campuran logam (alloy), fotografi, keramik, high efficiency, baterai pada jet dan peluru kendali, kamera televisi, dan alat-alat presisi (scientific instrument).

c. Intan
Intan merupakan sumberdaya yang terbentuk dari proses metamorfosa, dimana endapan intan primer berada dalam batuan ultra basic. Intan merupakan kristal karbon, dimana indeks refraksinya sangat tinggi dan transparan. Intan yang berkristal rendah dan berwarna gelap sering mempunyai struktur serabut dan disebut bortz atau kristal permata intan. Endapan intan di Indonesia banyak terdapat di wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan. Sedangkan manfaat dari intan adalah sebagai perhiasan, roda gerinda, gergaji, pahat alat bor, alat untuk pemotong kaca. 

d. Tembaga
Tembaga merupakan logam yang terdapat sebagai cebakan-cebakan dengan bermacam-macam tipe dalam batuan beku, sedimen, dan metamorphic. Sebagian besar dari cebakan-cebakan tembaga terjadi pada larutan hydrothermal dengan tipe replacement dan cavity fllling. Tembaga yang paling banyak digunakan adalah tembaga alam berupa chalcopyrite, bornit, chalcocite, covellite, enargite, dan lainnya. Di Indonesia, tembaga banyak tersebar di daerah Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Kalimantan Tengah, Jawa Tengah. Adapun manfaat dari tembaga adalah digunakan untuk kabel-kabel listrik, telepon, lemari es, amunisi, pesawat terbang, peluru kendali, membuat perunggu, kuningan, industri kimia, bahan celup, rayon, serta digunakan juga untuk perlengkapan dapur.

e. Timah
Timah merupakan sumberdaya alam yang terdiri dari dua jenis yaitu; timah hitam dan timah putih. Timah hitam yang paling banyak digunakan adalah galena, cerusit, dan anglesit, sedangkan timah putih yang banyak digunakan adalah cassiterite, stanite, dan teallite. Di Indonesia, timah putih banyak terdapat di daerah Riau, Jambi, dan Sumatra Selatan. Manfaat dari timah adalah sebagai berikut :

  • Timah hitam banyak digunakan untuk bahan campuran logam seperti metal dan solder, selain itu timah hitam juga banyak digunakan untuk bahan-bahan industri cat, keramik, kilang minyak, karet, dan industri kimia.
  • Timah putih umumnya banyak digunakan untuk pelapis logam seperti baja, tembaga, dan lain-lain, selain itu timah putih dapat digunakan untuk pembuatan perunggu, pembuatan kuningan, gelas, keramik, pipa, stabilizer dalam plastik, pengawet kayu, dan banyak lagi kegunaannya.
f. Bauksit
Bauksit terjadi sebagai akibat adanya pelapukan dan material yang mengandung alumina. Endapan yang besar terjadi di daerah-daerah beriklim tropis dan subtropis basah. Bauksit banyak digunakan untuk bijih yang mengandung oksida aluminium monohidrat atau trihidrat yang berupa mineral gibsit, ochmit atau diaspor. Endapan yang besar terdapat pada daerah-daerah beriklim tropis dan subtropis basah. Di Indonesia endapan bauksit terdapat di Riau, Sumatra Selatan, dan Kalimantan Barat. Manfaat dari bauksit adalah dapat menghasilkan alumina, dimana alumina jika diproses lebih lanjut maka akan menghasilkan logam aluminium.

g. Batu Gamping
Batu gamping merupakan salah satu bahan galian industri, dimana batu gamping merupakan batuan padat dengan komposisi berupa kalsium karbonat yang berwarnanya putih, abu-abu, kuning tua, abu kebiruan, jingga, dan hitam. Manfaat dari batu gamping adalah digunakan untuk bahan bangunan seperti batu, serbuk kapur, pengeras jalan, bangunan dam-dam, pembuatan gelas, dan untuk industri.

h. Pasir (Pasir Kuarsa)
Pasir kuarsa terdiri dari kristal silica (SiO2) dengan ukuran halus dan ada juga yang agak kasar dengan warnanya bening putih. Pasir ini terbentuk karena proses pelapukan batuan yang mengandung kristal kuarsa yang dicuci oleh alam. sebaran pasir kuarsa di Indonesia terdapat di Aceh, Sumatra Selatan, Sumatra Selatan, Kalimantan Timur, Jawa Barat, dan Jawa Tengah. Manfaat dari pasir kuarsa adalah sebagai tanah liat, industri kimia, industri keramik (gelas, lembar kaca). 

Pemanfaatan Sumber Daya Alam yang Mempunyai sifat Gabungan
Kelompok sumberdaya alam yang mempunyai sifat gabungan (terbarukan dan tidak terbarukan) dibagi menjadi dua kelompok yaitu; sumberdaya biologis dan sumberdaya lahan.
1. Sumberdaya Biologis
a. Hutan
Hutan merupakan sumberdaya biologis yang mempunyai fungsi dan peranan yang sangat penting dalam kehidupan dan keberlangsungan lingkungan. Pemanfaatan sumberdaya hutan bagi kehidupan adalah sebagai berikut :

  • Hutan sebagai pengatur iklim mikro maupun makro
  • Hutan sebagai sumber plasma nutfah
  • Hutan sebagai habitat makhluk hidup
  • Hutan sebagai pengatur tata air
  • Hutan sebagai sumber bahan makanan dan obat-obatan
b. Perikanan dan Peternakan
Perikanan dan peternakan merupakan sumberdaya alam gabungan berasal dari hewani. Indonesia sebagai negara kepulauan yang dikelilingi oleh lautan tentunya memiliki potensi perikanan yang cukup besar, disamping itu bentangan lahan yang cukup luas juga pada akhirnya juga berpotensi dalam bidang peternakan, seperti peternakan hewan besar (sapi dan kerbau) dan peternakan sedang (kambing dan domba) serta peternakan kecil unggas (ayam dan bebek). Berdasarkan peranannya, maka sumberdaya perikanan dan peternakan dapat dikelompokkan sebagai berikut :
  • Sumber pangan seperti sapi, kerbau, ayam, itik, ikan lele, dan ikan mujair
  • Sumber sandang seperti bulu domba dan ulat sutera
  • Sumber obat-obatan seperti ular kobra dan lebah madu
Sedangkan pemanfaatan sumberdaya perikanan dan peternakan adalah :
  • Perikanan sebagai pemenuhan kebutuhan protein hewani
  • Peternakan dimanfaatkan dagingnya untuk keperluan protein seperti daging ayam, sapi, kambing. Sedangkan untuk kulitnya banyak digunakan untuk pembuatan sepatu, dompet, atau jaket
2. Sumberdaya Lahan
Sumberdaya lahan merupakan segala sesuatu yang bisa memberikan manfaat lingkungan fisik yang meliputi tanah, iklim, relief, hidrologi, dan vegetasi yang ada. Sumberdaya lahan mencakup semua karakteristik dan proses-proses serta fenomena-fenomena lahan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Salah satu tipe penggunaan lahan yang penting ialah penggunaan sumberdaya lahan dalam tipe-tipe pemanfaatan lahan (land utilization type) pertanian untuk mendapatkan hasil-hasil pertanian dan ternak (Hardjowigeno, 1985)

0 Response to "Pemanfaatan Sumber Daya Alam Yang Baik dan Berkelanjutan"