Featured post

Cara Instalasi Software Pemetaan ArcGIS 9.X

Bagi orang yang menggeluti dunia survey dan pemetaan, salah satu tools atau alat yang wajib dimiliki dan dikuasi adalah software ArcGIS...

Cara Instalasi Software Pemetaan ArcGIS 9.X

Bagi orang yang menggeluti dunia survey dan pemetaan, salah satu tools atau alat yang wajib dimiliki dan dikuasi adalah software ArcGIS. Saat ini ESRI selaku pihak yang mengeluarkan ArcGIS telah merilis produk 10.3 dengan beberapa fitur yang lebih komplit, sehingga akan banyak hal yang bisa dilakukan dengan produk tersebut.
Sebagai software yang cukup banyak memberikan banyak manfaat dalam dunia GIS dan Penginderaan Jauh, ada beberapa hal yang banyak dikeluhkan oleh beberapa orang, terutama masalah proses instalasi yang selalu gagal, sehingga sangat diperlukan tutorial yang dapat memnerikan informasi terkait cara instalasi software tersebut.
Namun, meskipun sudah dirilis produk yang terbaru, pada saat ini penulis akan menguraikan tahapan-tahapan dari proses instalasi ArcGIS 9.X, hal dikarenakan banyak ahli pemetaan yang masih menggunakan seri 9.X Adapun tahapan instalasi ArcGIS 9.Xsebagai berikut :
1.    Buka folder Crack, kemudian buka folder “license_server_setup”
2.    Select dan Click 2x file “LMSetup.exe” sehingga muncul window berikut  :

3.    Click Tombol Browse

Pilih file 37102011 seperti tampilan diatas (bukan file dengan extension lic), kemudian click “Open”, sehingga tampilan window menjadi seperti berikut :

Kemudian Click “Next”dan tampilan window menjadi seperti berikut :


Click “Next”, maka kemudian tampil window berikut :

4.  Pada tahap ini, biarkan tampilan window seperti diatas, jangan Click finish (ditutup). Untuk windows 8 dan 10 dapat langsung ke tahapan nomor 6
5.    Kemudian Click Menu Start, pilih “My Computer”, setelah muncul menu pilih “Manage”, maka akan tampil window sebagai berikut :

Click Menu “Manage” sehingga muncul window berikut ini :

Click pada bagian “Services And Aplications” seperti gambar berikut :

Kemudian pada bagian sebelah kanan pilih “Services” dan kemudian click 2x, sehingga muncul tampilan berikut :

Kemudian click pada “ArcGIS License Manager” pada kolom Name seperti  tampilan berikut :

Kemudian click pada tulisan “Stop” seperti tampilan berikut:

Sehingga tampilan window menjadi seperti berikut :

Setelah tahapan 5 selesai, maka Kemudian window diatas dapat ditutup, dan dilanjutkan pada tahap selanjutnya.
6.    Kemudian buka folder “license_server_crack”, select semua file yang ada, kemudian file tersebut dicopykan ke folder  “C:\Program Files\ESRI\License\arcgis9x” (paste di folder tersebut dan replace atau overwrite.
7.  Kemudian buka lagi tampilan seperti pada tahapan nomer 3, click “Finish” sehingga computer akan restart/ reboot.
8.  Setelah restart computer/ laptop sudah selesai, maka kemudian dilanjutkan dengan instalasi ArcGIS Dekstop. Tahapan instalasinya sebgai berikut :
9.    Buka folder “Desktop” (pada software yang dismpan), kemudian click 2x file “startup.exe” (inget, file yang di click extensinya exe) sehingga muncul tampilan berikut :

Kemudian Click pada “Install ArcGIS Desktop”
10.  Selanjutnya click tombol “Next” pada tampilan window dilayar monitor

11.  Kemudian click “ I accept the license agreement” pada window, lalu click “Next

12. Pada window akan muncul beberapa pilihan yaitu; typical, complete, dan custom. Biasanya banyak menggunakan pilihan pada complete (namun, semua pilihan tetap kembali kepada kebutuhan masing-masing user). Maka kemudian Click pada pilihan “complete” lalu click “Next”
 

13.  Silahkan Click “Next” pada tampilan window berikut ini


14.  Silahkan tunggu, sampai proses instalasi selesai. Setelah instalasi selesai akan muncul window sebagai berikut :

Pada window diatas, silahkan Click pada “Register Later”, maka proses instalasi akan berlanjut sehingga muncul window

Kemudian Click “Yes” sehingga computer restart atau reboot.
15.  Setelah proses restart atau reboot pada computer sudah selesai, maka kemudian buka folder “Crack”, kemudian buka pada folder “license_server_setup”, lalu copy dan paste file “37102011.lic” kedalam folder “C:\Program Files\ESRI\License\arcgis9x.
16.  Buka kembali folder ”Crack”, kemudian buka folder “data_interop”, lalu copy dan paste file “fme_license.dat” ke dalam folder “C:\Program Files\ArcGIS\Data Interoperability Extension”.
17. Kemudian, buka file “37102011.lic” yang ada di folder ”C:\Program Files\ESRI\License\arcgis9x” dengan menggunakan aplikasi Notepad. Cara membuka dengan notepad adalah dengan click file tersebut, kemudian click kanan, select “Open”, lalu click “Select the program from a list”, click “OK”, lalu pilih “Notepad”, dan click “OK”. Maka kemudian akan muncul tampilan window sebagai berikut :

18.  Pada tampilan window diatas, perhatikan pada baris kedua yaitu tulisan “this_host”, pada baris “SERVER this_host ESRI_SENTINEL_KEY=37102011 27001”, maka kata tersebut kemudian ganti dengan nama computer atau laptop anda, kemudian save file tersebut. Selanjutnya program Notepad dapat ditutup.
19. Kemudian buka file “Arc_Info9.lic” yang terdapat pada folder “C:\Program Files\ESRI\License\arcgis9x” juga menggunakan aplikasi yang sama, yaitu dengan menggunakan Notepad. Cara membuka dengan notepad adalah dengan click file tersebut, kemudian click kanan, select “Open”, lalu click “Select the program from a list”, click “OK”, lalu pilih “Notepad”, dan click “OK”. Maka kemudian akan muncul tampilan window sebagai berikut :

20. Kemudian perhatikan pada baris “SERVER pan-reload ESRI_SENTINEL_KEY=37102011 27001” pada baris pertama, dimana kata “pan-reload” diganti dengan nama computer atau laptop, kemudian tutup dan save.
21. Tahapan berikutnya adalah merubah config service ArcGIS sesuai dengan file yang telah dicopy pada tahapan sebelumnya. Cara yang dapat dilakukan adalah menjalankan program “License Manager Tools”, mari Menu Start select All Program, select ArcGIS, kemudian select “License Manager Tools”. Sehingga akan muncul tampilan window sebagai berikut :

22.  Pada tampilan window diatas, perhatikan dan Click “Config Services”, sehingga muncul tampilan window berikut :

23.  Tahap pertama adalah perhatikan bagian “Path to the lmgrd.exe file, kemudian click tombol Browse. Buka folder “Program Files”, buka folder “ESRI”,  buka folder “License”, buka folder  “arcgis9x”, lalu select file ”lmgrd.exe” kemudian click “Open”
24.  Tahap kedua adalah perhatikan bagian “Path to the license file”, kemudian click tombol Browse. Buka folder “Program Files”, buka folder “ESRI”,  buka folder “License”, buka folder  “arcgis9x”, lalu pilih file “37102011.lic”, lalu click “Open”
25.  Tahap ketiga adalah click pada tombol  “Save Service” dan tutup

26.  Kemudian, langkah selanjutnya adalam melakukan setting pada Dekstop Adminstrator, untuk melakukan setting tersebut dapat dilakukan dari Menu Start, pilih All Program, pilih ArcGIS, kemudian pilih Desktop Administrator. Kemudian akan muncul tampilan window sebagai berikut :

27.  Perhatikan tampilan window diatas dan click pada “Software Product”, kemudian click pada “ArcInfo (Floating)”, lau click “Apply”, tambilan windownya dapat dilihat sebagai berikut :

28.  Stelah selesai pada tahap 27, maka kemudian dilanjutkan dengan merubah license manager. Langkah-langkahnya adalah dengan meng-Click pada “License Manager”, kemudian click tombol “Change”

29.  Setelah click “change”, maka tampilan window sebagai berikut:

Kemudian gantilah tulisan “Not_Set” dengan “localhost”, setelah itu click “OK”. Jika prosesnya berhasil, maka tampilan window menjadi seperti pada gambar berikut :

30. Setelah itu tutuplah window tersebut diatas, langkah tersebut juga dapat diartikan bahwa proses instalasi ArcGIS 9.3 telah selesai dilakukan dan semua prosesnya berhasil.
31. Sebelum ArcGIS digunakan, sebaiknya computer atau laptop direstart terlebih dahulu, agar aplikasi ArcGIS dapat digunakan.


Demikian tahapan dari proses instalasi ArcGIS 9.X, semoga dapat memberikan informasi bagi pihak yang membutuhkan dan bermanfaat dalam pengembangan pengetahuan dibidang survei dan pemetaan

0 Response to "Cara Instalasi Software Pemetaan ArcGIS 9.X"