Featured post

Cara Instalasi Software Pemetaan ArcGIS 9.X

Bagi orang yang menggeluti dunia survey dan pemetaan, salah satu tools atau alat yang wajib dimiliki dan dikuasi adalah software ArcGIS...

Defenisi Pembangunan ekonomi

Ahli ekonomi membedakan antara pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. Pertumbuhan biasanya menunjukkan suatu peningkatan maupun  suatu kerusakan. Sebagai contoh, suatu fasilitas yang membayar gaji sangat rendah mungkin membuka di (dalam) suatu area. Sebagai hasilnya, populasi dan keseluruhan ukuran  ekonomi mungkin meningkat, tetapi pendapatan per kapita mungkin menurun, dan mutu hidup mungkin menderita.

Pertumbuhan ekonomi merupakan unsur penting dalam proses pembangunan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi menyediakan sumber daya dan pekerjaan yang dapat mendukung banyak orang peningkatan dalam peningkatan mutu hidup. Tanpa pertumbuhan ekonomi, akan ada pekerjaan tidak cukup untuk mendukung bahkan suatu pelan-pelan bertumbuh populasi. Akibatnya banyak migrasi keluar daerah.

Pembangunan ekonomi menyiratkan bahwa kesejahteraan penduduk adalah meningkat. Peningkatan pendapatan per kapita disesuaikan untuk inflasi adalah satu indikator peningkatan kesejahteraan. Bagaimanapun, ahli ekonomi mengenali pendapatan itu sendiri adalah suatu indikator tidak sempurna seberapa baik penduduk suatu daerah sedang lakukan. Hak kekayaan adalah yang lain indikator pembangunan ekonomi. Sekalipun rata-rata pendapatan tidak tumbuh, suatu perubahan dari suatu distribusi pendapatan bagi kebanyakan orang-orang mempertimbangkan lebih adil bisa dipertimbangkan suatu format pengembangan. Dengan cara yang sama, idikator pembangunan lainnya adalah peningkatan dalam mutu hidup seperti sistem transportasi lebih baik, pendidikan, dan fasilitas budaya. Kadang-Kadang, indikator pembangunan ekonomi begitu penting tetapi sukar untuk diukur.

Beauregard ( 1993) menyatakan bahwa ketika kita memusatkan pada pembangunan ekonomi ada suatu kecenderungan untuk mengabaikan politis lebih luas dan sosial mengeluarkan bahwa juga mempengaruhi mutu hidup dalam suatu masyarakat. Dalam buku ini, dasar dan teori pembangunan ekonomi memusatkan pada produksi, konsumsi, dan isu alokasi sumber daya. Bagaimanapun, kita mestinya tidak dapat melihat  fakta bahwa pembangunan ekonomi lokal menjadi bagian dari suatu proses pengembangan komunitas lebih besar.



Sifat  Alami Wilayah
Wilayah merupakan suatu bagian dari area. Dalam praktek, istilah adalah suatu bunglon, mengambil arti dari konteks berguna. Sebagai contoh, statemen" wilayah di sekitar rumah. Secara normal berarti juga suatu daerah lingkungan. Bagaimanapun, jika seseorang adalah untuk tinggal/hidup di suatu daerah dingin, ungkapan akan berarti juga suatu multistate area. Ketika berdagang antara peningkatan negara-negara, daerah internasional menjadi semakin penting dan ahli ekonomi jadilah lebih terkait dengan perusahaan multinasional daerah. Sehubungan dengan pemakaian umum, kedua-duanya yang besar dan daerah kecil apakah diuji di dalam teks ini.

Berkenaan dengan kota" adalah juga suatu istilah yang mempunyai arti berbeda. Suatu wilayah perkotaan, tak peduli bagaimana itu digambarkan, adalah suatu daerah, walaupun tidak semua daerah berkenaan dengan kota. Tempat berkenaan dengan kota secara normal dihubungkan dengan besarnya popolasi dengan kepadatan tinggi. Namun beberapa tempat dengan populasi sekecil 2,500 mempertimbangkan berkenaan dengan kota oleh Sensus Kantor. Dengan begitu desa/kampung kecil dengan hanya sedikit pertokoan bisa mempertimbangkan berkenaan dengan kota oleh Sensus Kantor, walaupun tempat seperti itu tidak sampai dipertimbangkan suatu wilayah perkotaan yang digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Banyak Sarjana pengetahuan menggambarkan masyarakat kota" dalam kaitan dengan lifestyle bukannya kepadatan. Masyarakat perkotaan sering berbeda dengan masyarakat tradisional. Dalam hal ini, perkotaan  mencerminkan suatu perubahan sosial di mana keaneka ragaman, rasionalitas, toleransi, impersonalas, hubungan fungsional, dan organisasi birokratis menjadi karakteristik penting. Menurut perspektif kemasyarakatan, petani yang menggunakan berbagai mengedepan teknologi di dalam produksi mempunyai penanaman modal utama, membeli dan menjual masa depan butir di dalam suatu pasar dunia, dan mengamati TV menyiarkan dari di seluruh bumi via satelit adalah di dalam sektor yang berkenaan dengan kota.

Wilayah Fungsional
Wilayah Fungsional dibedakan oleh derajat tingkat integrasi atau tingkat komponen yang saling berhubungan. Jika interaksi komponen di dalam suatu daerah adalah dibandingkan penting ke interaksi dengan daerah lain, basis untuk suatu daerah yang ekonomi fungsional ada. Suatu area di mana bisnis lokal berdagang dengan satu sama lain lebih dari mereka berdagang dengan sisa dari dunia mendasari suatu area fungsional.

Wilayah Nodal
Nodal daerah adalah suatu area fungsional. Suatu nodal daerah didasarkan terutama pada sistem hubungan perdagangan hirarkis. Pusat bisnis kecil boleh tergantung pada pusat besar, dan kedua-duanya kota besar kecil dan pusat besar boleh tergantung pada suatu keheningan pusat bisnis lebih besar untuk mengkhususkan barang-barang ekonomi. Area yang dilayani oleh suatu pusat pelayanan (bisnis) dikenal sebagai daerah belakang (hinterland), dan daerah belakang yang lebih besar Konsep wilayah pusat pertumbuhan (nodal) menyiratkan bahwa ada daerah di dalam suatu kota besar ukuran menengah mungkin punya suatu daerah belakang tentang  kepunyaannya menjadi bagian dari daerah belakang dari suatu kota lebih besar.

Wilayah Statistik Metropolitan
Wilayah Metropolitan memperlihatkan pola teladan hirarkis yang menandai wilayah nodal. Secara rinci, ketenaga-kerjaan dan aktivitas eceran dipusatkan di dalam daerah bisnis dan lain subcenters sepanjang seluruh kota besar. Kegiatan ekonomi komplemen dipusatkan untuk wilayah hunian jika tingkat aktivitas bisnis kecil. Bagaimanapun, wilayah hunian dan konsentrasi bisnis adalah masing-masing dependent (tergantung). Banyak kebijakan regional terbaik diterapkan di tingkatan metropolitan oleh karena saling ketergantungan di dalam daerah.

Konsep wilayah ekonomi fungsional telah diterapkan dalam yang statistik membangun area statistik metropolitan (consolidated metropolitan statistical area /MSAS). Oleh karena pentingnya MSAS ke kebijakan dan analisa, mungkin saja berguna bagi menguraikan struktur mereka secara detil. Pusat kota merupakan tangkai dan nodal dari area statistika metropolitan. Dimana setiap MSA harus meliputi satu kota besar dengan 50,000 atau lebih penduduk atau sedikitnya 50,000 penduduk/penghuni dari total MSA populasi sedikitnya 100,000 jiwa ( 75,000 di New England)).

Suatu daerah (Propinsi) terdiri dari blok MSAS. Yang pusat kotanya  berisi semua daerah/propinsi berdekatan yang mempunyai menutup ekonomi ties kepada daerah/propinsi yang pusat dan adalah metropolitan sifatnya adalah tercakup di MSA itu. Tingkat pertalian ekonomi antar daerahi diukur dengan  ulang-alik/ merubah pola teladan. karakter Yang metropolitan diukur oleh kepadatan penduduk dan persentase berkenaan dengan kota. MSAS di dalam di New England apakah didasarkan pada kelompok kota besar dan kota sebab tidak ada daerah/propinsi di New England. Bagaimanapun, tujuan adalah untuk menerapkan konsep pengintegrasian dan urbanisasi yang sama.

MSAS berisi batas kota, atau masyarakat berkenaan dengan kota yang berhubungan dengan pusat kota. Bagian pinggir kota meliputi masyarakat satelit dan bedroom bagian pinggir kota. satelit Masyarakat secara normal mempunyai suatu ekonomi lokal aktif, sering mencakup suatu dasar pabrikasi substansiil. Yang sering, bisnis di dalam kota satelit  dikembangkan bebas dari pusat kota. Bedroom bagian pinggir kota kekurangan suatu dasar ekonomi mandiri. Walaupun beberapa eceran dan [gudang/toko] [jasa;layanan] mungkin terletak di dalam bedroom masyarakat, fungsi  utama mereka adalah untuk menyediakan suatu tempat kediaman untuk individu yang bekerja di tempat lain. Sebab bedroom masyarakat (komonitas) sering menyediakan suatu lingkungan tempat tinggal dari banyak orang permasalahan berkenaan dengan kota, suatu kejenakaan tanpa nama menunjuk bedroom masyarakat sebagai " kandungan dengan suatu pandangan."

 Sebagai tambahan, ada pada umumnya beberapa aktivitas agrikultur di dalam daerah terpencil paling MSAS. Gambar 1.4 menunjukkan suatu gambaran dari mode suatu MSA.
 Suatu keuntungan mengumpulkan data daerah MSA bukan hanya oleh kota besar atau oleh bagian yang dikotakan adalah bahwa batasan-batasan mengenai ilmu bumi suatu daerah/propinsi jarang berubah. Walaupun daerah/propinsi mungkin ditambahkan atau tepat dari MSAS, itu secara relatif mudah untuk menetapkan suatu gugus berkala konsisten ( data menunjuk (di) atas periode waktu) [oleh/dengan] mengumpulkan data mengumpulkan untuk daerah/propinsi individu. Di (dalam) kontras, kapan kota besar batasan-batasan berubah atau suatu peningkatan area dikotakan, pada umumnya sangat sulit atau mustahil untuk merekonstruksi suatu gugus berkala konsisten. Bagaimanapun, penggunaan daerah/propinsi [sebagai/ketika] unit dari yang MSAS *apakah dibangun mengakibatkan lebih keaneka ragaman dengan MSA dibanding akan adalah kasus [yang] seandainya area [yang] yang paling dikotakan *apakah dimasukkan.

Pertumbuhan cepat area metropolitan adalah salah satu corak yang paling utama geografi ekonomi. Di dalam 1950-an, sekitar 55% (United States) populasi hidup  di area metropolitan dan membukukan hanya sekitar 5% dari area daratan. Sekarang ini, sekitar 75% populasi Amerika Serikat mendiami MSAS dan yang meliputi sekitar 16% area daratan.

Banyak kompleks berkenaan dengan kota yang telah tumbuh bersama-sama. Sebab aktivitas wilayah perkotaan sudah menyalip, ulang-alik/ merubah dan lain hubungan ekonomi sudah memperluas di luar area metropolitan yang asli.

Suatu area statistik metropolitan (CMSA) yang kompak merupakan gabungan dari area metropolitan berdekatan. suatu area metropolitan yang mempunyai suatu populasi sedikitnya 1 juta. Komponen yang metropolitan CMSAS ditunjuk area statistik metropolitan utama ( PMSAS). Sebagai contoh, CLEVELAND-AKRON-LORAIN CMSA adalah terdiri atas Akron, Cleveland, dan Lorain-Elyria PMSAS. PMSAS adalah serupa ke MSAS kecuali pemasukan mereka dalam suatu kompleks metropolitan lebih besar.

Pertumbuhan metropolitan juga telah mengakibatkan keaneka ragaman penting di dalam area metropolitan. Hampir tiga triwulan; perempat populasi penduduk United States (U.S) hidup di area metropolitan. Sekitar 30% penduduk metropolitan hidup dalam pusat kota, dan 45% hidup dalam bagian pinggir kota.  Anehnya, seperempat dari penduduk metropolitan hidup dalam area menggolongkan [ketika;seperti] pedesaan oleh Sensus Kantor. Sebagai tambahan, suatu bagian nonmetropolitan penduduk yang besar hidup dalam wilayah perkotaan. Hampir 40% populasi tinggal di area non-metropolitan. Keaneka ragaman pengaturan hidup di dalam metropolitan dan nonmetropolitan area menunjukkan suatu kebutuhan lebih lanjut  untuk mempersatukan ekonomi regional dan berkenaan dengan kota.

Homogeneous Regions
Pembangunan ekonomi kadang-kadang berhadapan homogenitas wilayah yang ditunjuk atas dasar persamaan internal. Banyak sabuk informal regions—Corn, Alkitab, Karat, Matahari, Salju, dan demikian forth—are daerah homogen berdasar pada iklim atau aktivitas umum. Demikian juga, daerah Appalachian dibedakan oleh pembangunan ekonomi permasalahan umum.

banyak orang Lingkungan *apakah dibedakan oleh persamaan ekonomi atau kesukuan dan karenanya daerah pada dasarnya homogen. Sensus menyediakan data pada bidang sensus, yang adalah area kecil terdiri dari beberapa blok. Walaupun bidang sensus tidaklah perlu dibentuk  atas dasar homogenitas, atas lingkungan homogen adalah sering diperoleh dari informasi bidang sensus.



Wilayah Administratif
Daerah Administratif daerah Administratif dibentuk untuk tujuan organisatoris atau managerial. Kedua-Duanya pemerintah dan organisasi pribadi temukan daerah administratif bermanfaat. Daerah administratif menggambarkan baik  fungsional maupun  daerah homogen sebab daerah administratif dibentuk untuk memperjelas lapisan aktivitas untuk pemerintah atau bisnis. Daerah administratif juga penting sebagai basis untuk kebijakan. Kota besar, negara, dan daerah/propinsi adalah daerah administratif penting.
 Daerah administratif tidaklah jelas berbeda dengan daerah fungsional atau homogen. Sebagai contoh, suatu perusahaan/organisasi menetapkan satu set daerah penjualan berdasarkan pada rasa serupa untuk lini produk di dalam daerah masing-masing. Jika kantor regional menyediakan dukungan pelayanan untuk kantor penjualan lokal, daerah administratif mengasumsikan karakteristik suatu area fungsional juga. Lagipula, sekali ketika suatu daerah administratif dibentuk, berbagai komponen boleh dikembangkan, penggunaan komponen sama yang membuat daerah yang lebih homogen dan atau rantai komunikasi, perdagangan, dan mengendalikan itu adalah karakteristik daerah fungsional boleh muncul.

Banyaknya daerah bidang pemerintah adalah banyak. Ada kira-kira 85,000 unit pemerintah lokal di Amerika Serikat. Di dalam Chicago area metropolitan, sebagai contoh, ada 1,214 unit pemerintah lokal berkisar antara pemerintah terkenal seperti kota besar, daerah/propinsi, dan daerah pusat studi bagi banyak daerah tujuan khusus yang hampir tidak dikenal rata-rata warganegara, seperti air mengendalikan daerah, menerangi daerah, daerah rekreasi, dan sebagainya.
Dengan sangat banyak daerah, adalah jarang yang para pekerja di dalam suatu bisnis berkenaan dengan kota akan mempunyai profil daerah yang sama. Di Chicago area, ada 1.7 unit pemerintah lokal saban 100,000 populasi. banyak orang Peninjau percaya bahwa pemecahan menjadi kepingan politis adalah suatu halangan utama ke pemerintah baik, sedangkan yang lain percaya bahwa suatu keaneka ragaman  unit bidang pemerintah berperan untuk pengambilan keputusan bijaksana.

Ringkasan
Mayoritas pembangunan ekonomi keputusan *apakah didasarkan pada biaya-biaya pribadi dan manfaat. Maka adalah penting bagi memahami bagaimana ahli ekonomi memandang proses ekonomi.

Ahli ekonomi membangun model berdasar pada asumsi. " Lain berbagai hal sama" adalah salah satu [dari] asumsi paling bermanfaat  maupun [sebagai/ketika] [itu] mengijinkan ahli ekonomi untuk memusatkan pada beberapa variabel dimana faktor tetap. hukum permintaan Negara yang [seperti;sebagai;ketika] memberi beban kepada peningkatan pelanggan, kwantitas [yang] mereka akan [jadi] rela dan mampu membeli kemunduran, lain berbagai hal sama. Other-Things-Equal asumsi mungkin (adalah) diperlonggar untuk menyediakan analisa [yang] lebih rumit bagaimana lain variabel mempengaruhi hasil.

Ahli ekonomi juga berasumsi bahwa individu apakah termotivasi oleh kepentingan diri; mereka mencari untuk memaksimalkan kegunaan, atau kepuasan. Kepuasan kadang-kadang ditafsirkan dengan luas untuk meliputi hal-hal seperti kepuasan emosional atau sedikit untuk meliputi hanya pendapatan atau laba.

pasar Proses mengkoordinir banyak keputusan ekonomi antar[a] para pembeli dan para penjual. Pasar memproses harga pasti dan menentukan keluaran. Perubahan harga memancarkan isyarat untuk menjual peserta dan dengan demikian mempengaruhi perilaku. permintaan dan penawaran Kurva *apakah digunakan untuk menggambarkan bagaimana keluaran dan harga *apakah ditentukan di (dalam) pasar kompetitif.

Kurva permintaan menunjukkan sejumlah bahwa konsumen akan membeli pada berbagai harga, dan kurva penawaran menunjukkan jumlah bahwa produsen adalah rela dan mampu menjual. Di harga [di mana/jika] permintaan dan penawaran tumpang tindih, kwantitas bahwa konsumen akan membeli akan sama jumlah bahwa hasil bisnis. Keseimbangan akan [jadi] dicapai dan harga tidak akan ber;ubah kecuali jika baik  persediaan maupun  permintaan ber;ubah.

Operasi permintaan dan penawaran, bebas dari pembatasan bidang pemerintah, boleh menghasilkan hasil efisien. Bagaimanapun, barang-barang publik, hal luar atau spillovers, monopoli, dan informasi tidak sempurna dapat mengakibatkan pasar tidak efisien.

Laba mempengaruhi keputusan bisnis. Untung[lah sama total pendapatan kurang biaya-biaya total. Secara sederhana kasus, total pendapatan yang sama harga jumlah [kali;zaman] keluaran menjual. Ketika biaya-biaya yang mempertimbangkan, analis harus mengenali kesempatan cost—alternatives yang dibatalkan dalam rangka hasil.


Pembangunan ekonomi meliputi pertumbuhan ekonomi tetapi dapat juga meliputi isu mutu distribusi pendapatan dan hidup. Ukuran pembangunan ekonomi [yang] kwalitatif mungkin sulit untuk mengukur, tetapi mereka penting. Ada berbagai jenis daerah. Suatu daerah fungsional digambarkan pada [atas] basis [menyangkut] derajat tingkat [dari;ttg] pengintegrasian ekonomi. area Metropolitan baku *apakah berdasar pada untuk tingkat tinggi interaksi antar[a] pusat kota ( dengan kata lain), bagian pinggir kota, dan nonurban area di (dalam) daerah [itu]. Daerah/Propinsi adalah bangunan blok untuk MSAS. Daerah homogen *apakah berdasar pada persamaan internal. Sebagai contoh, Salju I.: menghadirkan suatu daerah homogen. Lingkungan adalah sering digambarkan atas dasar karakteristik umum [menyangkut] penduduk dan boleh oleh karena itu mempertimbangkan daerah homogen.