Featured post

Cara Instalasi Software Pemetaan ArcGIS 9.X

Bagi orang yang menggeluti dunia survey dan pemetaan, salah satu tools atau alat yang wajib dimiliki dan dikuasi adalah software ArcGIS...

Pemanfaatan Citra Quickbird dan Sistem Informasi Geografis untuk Rekomendasi Manajemen Jalan di Kota Denpasar



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan citra Quickbird dalam menyadap data geometrik jalan dan data penggunaan lahan pada ruas jalan tersebut, serta melakukan manajemen jalan dengan bantuan Sistem Informasi Geografis dan data penginderaan jauh. Sumber data utama adalah Citra Quickbird tahun 2007. Data primer yang didapat dari citra adalah data geometrik jalan. Data lapangan berupa data volume lalu lintas, penggunaan lahan, dan geometrik jalan. Data sekunder instansional berupa data kelas dan fungsi jalan, jaringan jalan, dan data jumlah penduduk. Analisis data menggunakan metode V/C ratio. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan citra Quickbird dalam menyadap data penggunaan lahan sebesar 89,69%, sedangkan kemampuan dalam menyadap data geometrik jalan sebesar 97,92%. Proses pengolahan data berlangsung dalam lingkungan Sistem Informasi Geografis dimana dilakukan analisis atribut terhadap tiap รข€“ tiap jenis data sehingga didapatkan nilai volume dan kapasitas jalan. Kemudian dilakukan pemodelan untuk mendapat nilai V/C ratio nya sekaligus memberikan gambaran tentang kondisi pelayanan jalan di Denpasar. 

Kata Kunci : Tingkat Pelayanan Jalan, Manajemen Jalan, Citra Quickbird, Sistem Informasi Geografis

Download

0 Response to "Pemanfaatan Citra Quickbird dan Sistem Informasi Geografis untuk Rekomendasi Manajemen Jalan di Kota Denpasar"