Featured post

Cara Instalasi Software Pemetaan ArcGIS 9.X

Bagi orang yang menggeluti dunia survey dan pemetaan, salah satu tools atau alat yang wajib dimiliki dan dikuasi adalah software ArcGIS...

Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Metode Permainan Ular Tangga Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Permainan ular tangga dalam permbelajaran dapat mendorong partisipasi siswa dan dapat menghilangkan rasa takut pada situasi formal dalam kelas. Tujuan dari penggunaan metode permainan ular tangga dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah permainan ini dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Indonesia pada siswa SMA Negeri Kedungpring. Hasil penelitian yang didasarkan kepada perbandingan tes berbicara sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Indonesia meningkat. Hal ini dapat dilihat dari jumlah siswa yang masuk kategori rendah berkurang dari 15 menjadi 4 siswa, kategori sedang berkurang dari 16 menjadi 11, sedangkan siswa yang masuk dalam kategori baik meningkat dari 10 menjadi 21, peningkatan jumlah juga terjadi pada kategori sangat baik dari 3 menjadi 8 siswa.