Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan pemahaman siswa terhadap kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE). Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar kognitif siswa pada siklus I sebesar 69,66 dengan ketuntasan klasikal 72,41 %. Rata-rata hasil belajar kognitif siswa pada siklus II sebesar 79,08 dengan ketuntasan klasikal 89,66 %. Adapun rata-rata hasil belajar afektif siswa pada siklus I sebesar 65 dengan ketuntasan klasikal 86,21 %. Rata-rata hasil belajar afektif siswa pada siklus II sebesar 83,10 dengan ketuntasan klasikal 100 %. Sedangkan rata-rata hasil belajar psikomotorik siswa pada siklus I sebesar 58,33 dengan ketuntasan klasikal 68,97 %. Rata-rata hasil belajar psikomotorik siswa pada siklus II sebesar 75,77 dengan ketuntasan klasikal 93,10 %.
Home » National Journal
» Peningkatan Pemahaman Siswa Terhadap Kebijakan Pemerintah Dalam Bidang Ekonomi Melalui Metode Student Facilitator And Explaining