Permainan ular tangga dalam permbelajaran
dapat mendorong partisipasi siswa dan dapat
menghilangkan rasa takut pada situasi formal dalam
kelas. Tujuan dari penggunaan metode permainan
ular tangga dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui apakah permainan ini dapat
meningkatkan keterampilan berbicara bahasa
Indonesia pada siswa SMA Negeri Kedungpring.
Hasil penelitian yang didasarkan kepada
perbandingan tes berbicara sebelum dan sesudah
penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa
dalam berbicara bahasa Indonesia meningkat. Hal ini
dapat dilihat dari jumlah siswa yang masuk kategori
rendah berkurang dari 15 menjadi 4 siswa, kategori
sedang berkurang dari 16 menjadi 11, sedangkan
siswa yang masuk dalam kategori baik meningkat
dari 10 menjadi 21, peningkatan jumlah juga terjadi
pada kategori sangat baik dari 3 menjadi 8 siswa.
Home » National Journal
» Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Metode Permainan Ular Tangga Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia