Tujuan penelitian ini adalah; 1) Meningkatkan keterampilan siswa dalam percakapan sesuai kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar, 2) Meningkatkan motivasi siswa agar giat membaca teks bahasa Indonesia untuk penguasaan kosa kata. Hasil penelitian pada siklus I, dalam hal kesulitan memahami kosa kata diperoleh 60% mengalami kesulitan 6 kosa kata, 21% mengalami kesulitan 5 kosa kata, 18% mengalami kesulitan 3 kosa kata. Sedangkan dalam hal penggunaan bahasa Indonesia terdapat 62% kesulitan menjawab secara lancar dan kesulitan menjawab secara detail, 23% dapat menjawab secara lancar tetapi kesulitan menjawab secara detail, 15% dapat menjawab secara lancar dan dapat menjawab secara detail. Pada siklus II, dalam hal kesulitan memahami kosa kata diperoleh 49% mengalami kesulitan 5 kosa kata, 29% mengalami kesulitan 4 kosa kata, 22% mengalami kesulitan 2 kosa kata. Sedangkan dalam hal penggunaan bahasa Indonesia terdapat 51% kesulitan menjawab secara lancar dan kesulitan menjawab secara detail, 28% dapat menjawab secara lancar tetapi kesulitan menjawab secara detail, 21% dapat menjawab secara lancar dan dapat menjawab secara detail. Pada siklus III, dalam hal kesulitan memahami kosa kata diperoleh 73% mengalami kesulitan 4 kosa kata, 17% mengalami kesulitan 6 kosa kata, 10% mengalami kesulitan 8 kosa kata. Sedangkan dalam penggunaan bahasa Indonesia terdapat 9% kesulitan menjawab secara lancar dan kesulitan menjawab secara detail, 16% dapat menjawab secara lancar tetapi kesulitan menjawab secara detail, 75% dapat menjawab secara lancar dan dapat menjawab secara detail.
Home » National Journal
» Penggunaan Teknik Hubungan Antar Kosa Kata Dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Percakapan Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Kedungpring Kabupaten Lamongan