Peningkatan keterampilan siswa pada sekolah dasar memerlukan suatu teknik tersendiri dalam penyampaian setiap bagian dalam mata pelajaran. Oleh karena itu dalam upaya perbaikan pembelajaran, maka dilakukan penelitian dengan tujuan, 1) Untuk mengetahui kendala dalam menyajikan materi pelajaran karangan sederhana, 2) Untuk mendapatkan metode yang tepat dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran tentang menulis karangan sederhana. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pada siklus I, hasil analisis yang telah dilakukan menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata siswa, dimana nilai awal sebesar 58.2 meningkat menjadi 76.8 setelah dilakukan perbaikan pembelajaran. Kondisi yang sama juga terjadi pada siklus II, dimana penguasaan siswa dalam menulis karangan sederhana dengan menggunakan alat peraga berupa gambar-gambar yang bagus dan menarik, menunjukkan bahwa siswa cenderung prestasi belajarnya lebih meningkat. Nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 77.6 dari 76.8.
Home » National Journal
» Meningkatkan Keterampilan Siswa Sekolah Dasar Dalam Menulis Karangan Sederhana Dengan Memanfaatkan Gambar Berseri